Anggar Target Tiga Emas PON Riau

Tim anggar Kalbar

Atlet anggar Kalbar mengandalkan nomor degen beregu meraih emas PON XVIII.

Pada PON di Provinsi Riau, September mendatang, kontingen anggar Kalbar menargetkan meraih tiga medali emas, dua perak, dan dua perunggu. Salah satu yang diandalkan dari nomor degen beregu.

Pelatih anggar Kalbar, Sunardi saat bersilaturahmi dengan pengurus KONI Kalbar, di Pontianak, Selasa (22/5), mengatakan, medali emas diharapkan dihasilkan dari empat atlet. Mereka masing-masing, Rio Cahyadi, Fajar Pujiraharjo, Andi Juliansyah, dan Nuraya Kadafie. “Peluang kita memang terbuka lebar. Saingan terberat kita akan datang dari Sulut, Sumsel, dan Kaltim,” kata pelatih anggar dua, Eko Darmawan.

Menurutnya, raihan emas menjadi harga mati bagi tim ini. Apalagi KONI Kalbar sangat mengharapkan anggar bisa menyumbang minimal tiga medali emas, dan salah satunya dari nomor ini.

“Ini memang menjadi tugas berat bagi kami, mengingat daerah lain juga berambisi serupa. Namun ini juga menjadi tantangan bagi kami untuk bisa meraihnya,” kata Rio Cahyadi salah satu atlet anggar di tim tersebut.

Sebelum berlaga di PON, terlebih dulu keempat atlet ini akan menjajal pentas kejuaraan Johor Open Fencing Championship yang akan dihelat 25-27 Mei mendatang, di Johor Baru Town Centre. Ajang ini diikuti para pemain anggar Asia dan beberapa tim dari provinsi di Indonesia lainnya.

“Di ajang ini kemungkinan kita akan ketemu dengan Sulut, Sumsel dan Kaltim. Mereka juga berencana tampil di sini. Dan ini bisa menjadi tolak ukur kita di PON nanti,” kata Rio.

Selain di nomor tersebut direncanakan tim anggar Kalbar yang berkekuatan 18 orang tersebut juga akan turun di nomor floret putra, tiga atlet di floret putri, dan empat nomor di degen putra. Lainnya, dua degen putri, dua sabel putra, ditambah satu floret putri atas nama Mery Ananda, atlet belia prakadet.

Sebelum ke Malaysia, tambah Sunardi, tim ini juga akan menyempatkan diri ke negara Singapura atas undangan Singapore Fencing untuk melakukan uji tanding dengan tim anggar Singapura, 23-24 Mei. Kemudian, memenuhi undangan uji tanding oleh Selangor Amateur Fencing Association (SAFA), di Shah Alam, 2 - 3 Juni 2012.