Gawai Rakyat Kubu Raya

Gawai Rakyat Kubu Raya

Masyarakat Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, memiliki kebiasaan merayakan Gawai Rakyat.

Tahun ini pelaksanaan ke VIII Gawai Rakyat dipusatkan di Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya, kabupaten tersebut. Meski baru di tingkatan lokal, kebiasaan ini dikemas menjadi paket wisata. Bahkan pada tahun lalu, Gawai Rakyat sebagai salah satu agenda wisata di kabupaten tersebut.

Kepala Desa Rasau Jaya Umum, Musa Zakariah menjelaskan, kebiasaan Gawai Rakyat dilakukan sejak awal membuka kampung tersebut. Dimulai sejak tahun 1961.

“Setiap kegiatan untuk menanam padi, maupun untuk kegiatan lainnya semua warga kumpul bersama membawa makanan dan membaca doa selamat,” kata Musa.

Kegiatan biasanya diisi dengan berbagai perlombaan. Perlombaan sampan bidar, salah satunya yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Selain sektor wisata, Musa mengatakan, desanya kini sedang melakukan peningkatan produktivitas pertanian.

"Tahun ini kita sedang mencoba untuk bertanam dua kali setahun. Kalau tahun lalu, kita masih satu kali setahun menanam padi. Tapi kita coba," katanya.

Bupati Kabupaten Kubu Raya mengatakan, selain meningkatkan potensi yang ada, saatnya masyarakat Rasau Jaya Umum dan sekitarnya lebih menata lokasi wilayah mereka. Karena menurut Muda, saat ini desa tersebut tidak saja dikunjungi oleh masyarakat lokal, tetapi banyak warga luar lainnya.

“Apalagi Rasau Jaya sebagai tempat transit ke beberapa daerah dan menjadi tujuan investasi. Karena itu masyarakat harus terus menghidupkan rasa gotong royong membuat bagus daerah kita," pesan Muda.

Muda mengatakan, Desa Rasau Jaya Umum masuk dalam kawasan Kota Terpadu Mandiri. Banyak pembangunan fisik yang dialokasikan ke daerah itu.

"Tidak ada salahnya kita bergotong royong agar jalan yang sudah dibangun ditebas pinggirannya. Sebab, jika sisi jalan dipenuhi dengan semak belukar, tentu hal itu bisa berpengaruh terhadap pengguna jalan," kata Muda.