Waspada Angin Kencang di Pesisir Kalbar

Gambar perkiraan kecepatan angin

Cuaca diperkirakan tidak menentu sebagai pengaruh dari musim pancaroba.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio Pontianak mengingatkan ancaman angin kencang akibat perubahan itu. Angin kencang tersebut diperkirakan melanda wilayah pesisir Kalbar hingga tiga hari mendatang.

“Saat ini terjadi pembentukan dan perubahan pola angin konvergensi untuk membentuk awan hujan dalam waktu sangat cepat. Hari ini di mana terjadi perubahan cuaca yang diikuti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan guntur,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Supadio Pontianak, Sri Ningsih, kepada wartawan, Jumat (1/6).

Pihaknya, kata Sri, telah mengeluarkan peringatan dini kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Misalnya, pengguna jasa transportasi udara maupun laut.

Sejumlah daerah yang perlu mewaspadai kondisi tersebut, yakni Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Bengkayang, dan Sambas. "Perlu perhatian semua pihak. Terutama daerah pesisir," ujar Sri.

Pada Jumat hari ini, BMKG Supadio Pontianak mencatat kecepatan angin dari arah barat daya 18-22 knot. Angin kencang mengiringi hujan yang turun, khususnya di kawasan Bandara Supadio Pontianak dan sekitarnya.