Lomba Poster dan Karya Tulis Sanitasi se-Kalbar

Kepala Satuan Kerja PPLP Dinas PU Provinsi Kalimantan Barat, Rudy Kariyantoko

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat menggelar lomba poster, karya tulis, dan penyuluhan sanitasi 2011 pada 15 Mei mendatang. Pemenang nantinya akan menjadi Duta Sanitasi.

"Lomba tersebut digelar untuk memberikan kesan yang kuat bagi masyarakat provinsi itu bagaimana pentingnya sanitasi lingkungan," kata Kepala Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, Rudy Kariyantoko, di ruang kerjanya, siang tadi.

Lomba poster, panitia mengharapkan dapat menjadi bahan masyarakat bagaimana mengolah sampah, limbah, maupun saluran.

"Sedangkan untuk lomba karya tulis, peserta tidak hanya bisa menulis saja tetapi juga ke depannya akan dijadikan sebagai Duta Sanitasi," jelas Rudy.

Dengan menjadi Duta Sanitasi tersebut, ia dapat dengan mudah mengajak masyarakat untuk sadar dalam mengolah sampah atau limbah sebagai gerakan penyelamatan bumi.

"Sehingga diharapkan ke depannya, tiap-tiap rumah tangga sudah memilah sampah organik yang kemudian dapat diolah menjadi pupuk kompos," ungkap Rudy.

Lomba itu sendiri, lanjut Rudy, diperuntukkan bagi siswa-siswi sekolah menengah pertama se-Provinsi Kalbar.

"Untuk mengikuti lomba tersebut peserta sudah harus mengirimkan hasil karyanya paling lambat 12 Mei 2011 mendatang," katanya.

Pemenang yang diumumkan untuk juara satu dan dua akan dikirim ke Jambore Sanitasi Tingkat Nasional 2011 di Jakarta. Karena itu kriteria penjurian dilakukan dalam tiga tahapan.

"Pertama tahap penilaian di mana semua hasil karya dikumpulkan dan dinilai oleh masing-masing dewan juri," jelas Rudy.

Kemudian, kata dia, untuk tahapan kedua penjurian dilakukan tahapan seleksi. Di mana, dewan juri akan memiliki tiga karya terbaik untuk lomba poster dan 5-15 karya terbaik untuk karya tulis.

"Masing-masing karya yang berhasil masuk dalam tahapan kedua tersebut, harus mempresentasikan di hadapan dewan juri," kata Rudy.

Masuk pada tahapan ketiga, yakni tahapan penentuan pemenang melalui hasil rapat dewan juri dan menetapkan tiga orang pemenang.