Daftar Tunggu Calhaj Kalbar Membeludak

Masa Tunggu Hingga 12 Tahun

Daftar tunggu jemaah calon haji Kalimantan Barat mencapai delapan ribu orang dengan masa tunggu bervariasi tergantung wilayah.

Masa tunggu calon dari Kota Pontianak mencapai empat tahun. Sedangkan masa tunggu calon dari Kabupaten Kubu Raya mencapai 12 tahun lamanya.

Pada pelaksanaan haji tahun lalu Kalbar mendapatkan jatah sebanyak 2.339 jemaah calon haji dengan tambahan 103 orang. Tahun 2012 ini belum diketahui kuota jemaah haji Kalbar.  

Meski kuota belum diketahui, Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar tetap akan menerapkan pembagian kuota bagi 14 kabupaten/kota dengan sistem musyawarah mufakat. Sistem ini dianggap adil dan tidak menumpuk di Kota Pontianak jika menggunakan sistem kursi provinsi.

“Jika menerapkan dengan istilah sistem kursi provinsi maka dipastikan persentase jemaah calon haji akan didominasi oleh mereka yang berasal dari Kota Pontianak. Jumlahnya mencapai 80 persen. Jika menerapkan musyawarah mufakat akan mengedepankan perhitungan jumlah populasi umat Islam di suatu wilayah yang meliputi kemampuan finansial mereka,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalbar, Husein D Mahmud.

Dengan pembagian itu, dominasi umat Islam di suatu kabupaten/kota masih tergantung dengan kemampuan ekonomi. “Belum bisa dipastikan wilayah tersebut mendapatkan kuota terbesar. Penetapan jumlah kuota haji itu pun, nantinya akan dikeluarkan berdasarkan surat keputusan (SK) gubernur,” paparnya.

Husein juga mengatakan, Kalbar tidak akan menerapkan klasifikasi jemaah calon haji berdasarkan usia. Namun tetap menggunakan sistem campur dengan perhitungan jika dalam satu kloter terdapat 450 orang, maka 20 persen di antaranya terdiri atas jemaah calon haji berusia lanjut.

Masalah kuota ini, menurut Husein akan dibahas bersamaan dengan evaluasi penyelenggaraan haji pada tahun 2011. “Evaluasi menunggu evaluasi di tingkat pusat,” kata Husein.