Cornelis Sambut Baik Keputusan MK

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalbar, Cornelis menyambut baik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pilkada Landak. Dalam keputusan itu, MK tetap menerima keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memenangkan pasangan Adrianus Asia Sidot-Herculanus Heriadi.

"Kalau menang ya kami senang," ujar Cornelis, siang tadi.

Menurut Cornelis, pelaksanaan Pilkada Kabupaten Landak merupakan latihan demokrasi sebuah daerah. Pesta demokrasi tingkat kabupaten itu, lanjutnya, untuk menguji teori politik dengan menggunakan trik-trik yang sesuai.

Dengan kemenangan tersebut, partai tetap terus akan melakukan kewajibannya sebagaimana sebelumnya. "Tidak ada konsolidasi atau apa, ya kerja saja," katanya.

Sebelumnya, MK menolak gugatan permohonan sengketa hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

"Menyatakan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua Majelis Hakim MK, Mahfud MD.

Menurut majelis hakim MK yang terdiri sembilan hakim konstitusi ini, dalil pemohon yang menyatakan ada pelanggaran sistematis, masif, dan terstruktur dianggap tidak terbukti di depan hukum.

Permohonan perkara bernomor 77/PHPU.D-IX/2011 tersebut diajukan oleh pasangan calon Syahdan Anggoi-Honorius Bruno menggugat keputusan KPU.

Dalam pertimbangannya, Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi menyatakan, pemohon tidak dapat membuktikan dalilnya yang menuding pasangan pemenang Adrianus-Herculanus berlaku curang dalam proses pilkada Kabupaten Landak.