Anas Ingatkan Hindari Konflik Agraria

Pelantikan Garda Perbatasan

Warga Kalbar diingatkan menghindari konflik agraria yang sarat dengan nuansa sara.

“Kita harus menghindari konflik agraria yang belakang ini terjadi di beberapa daerah. Karena hal tersebut merupakan salah satu yang bernuansa sara,” kata Anas Urbaningrum, saat memberikan kata sambutan pada acara pelantikan pengurus DPD Partai Demokrat Kalbar, di gedung PCC, Sabtu, (28/1).

Konflik, tambah Anas, akan mempengaruhi minat investor menanamkan modalnya ke Indonesia. Investor akan menilai perputaran perekonomian tidak akan stabil seperti diharapkan. “Itu merupakan ancaman bagi Indonesia jika mereka mencabut semua aset-asetnya. Konflik yang bernuansa suku, agama, dan ras ini harus kita waspadai bersama. Kita harus menjaga hubungan kemajemukan ini dengan baik yang mana Kalimantan Barat sendiri mempunyai sejarah konflik antarsuku,” pesan Anas.

Oleh sebab itu, kata Anas, Partai Demokrat yang menjunjung tinggi asas pluralisme harus juga ikut andil dalam menciptakan kemajemukan di Kalimantan Barat, agar konflik yang pernah terjadi tidak terulang.

“Untuk menghindari itu tentunya semua pihak harus ikut berpartisipasi untuk menciptakan keamanan, kesejahteraan, serta ketentraman agar konflik itu tidak terjadi,” harap Anas.

Kalaupun konflik itu ada, lanjutnya, harus segera dicarikan solusi agar tidak semakin melebar. Apalagi persoalan agraria ini sangat riskan dan bisa menimbulkan isu sara. “Jika sudah terjadi konflik, kan untuk mencari solusinya tidak mudah butuh waktu untuk menyelesaikannya,” kata Anas.

Reporter : M Aditya