23 Peserta Ikuti Lomba Poster dan Karya Tulis

Sebanyak 23 peserta mengikuti lomba poster, karya tulis, dan penyuluhan Jambore Sanitasi tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Peserta terdiri atas 14 peserta lomba poster dan sisanya mengikuti lomba karya tulis.

Kepala Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Dinas PU Kalbar, Rudy Kariyantoko mengatakan, seluruh peserta berasal dari 10 kabupaten/kota di Kalbar. Usai penyerahan karya, para peserta diajak melihat pengolahan barang bekas menjadi kerajinan tangan di kawasan Pontianak Utara.

"Kami ingin peserta melihat bagaimana mengolah sampah atau limbah menjadi barang layak pakai," ujar Rudy, di sela-sela kegiatan di Hotel Kapuas Palace Pontianak, pagi tadi.

Terakhir, kata dia, rangkaian kegiatan akan ditutup dengan pengumuman pemenang. Pemenang lomba karya tulis akan dijadikan sebagai Duta Sanitasi 2011.

Sementara pemenang I dan II baik lomba poster dan lomba karya tulis akan dikirim ke Jambore Sanitasi Nasional 2011 di Jakarta, 20 Juni mendatang.

“Kami berharap, lomba ini memberikan kesan kuat bagi masyarakat akan pentingnya sanitasi lingkungan,” ucapnya.

Juri lomba poster dan karya tulis sanitasi terdiri atas beberapa unsur. Antara lain Balai Bahasa Provinsi Kalbar, Dinas PU Kalbar, Diknas Kalbar, serta Budayawan Kalbar, A Halim AR.

HalimARmengatakan, penilaian harus dilakukan secara ketat. Karena pemenang nantinya mewakili Kalbar di tingkat pusat. Karena itu, kata dia, kriteria penilaian dilakukan dalam tiga tahapan.

Pertama, tahap penilaian di mana semua hasil karya dikumpulkan dan dinilai oleh masing-masing dewan juri. Kemudian, juri melakukan tahapan seleksi. Terakhir, penentuan pemenang.