Kawasan Jeruju Tegang Bentrok Antarkelompok

Tiga Korban Dilarikan ke Rumah Sakit
Bentrok Jeruju

Brimob dan Dalmas disiagakan di kawasan Pasar Teratai mengantisipasi bentrok susulan.

Ketegangan di Pasar Teratai, Jalan Kom Yos Seodarso, Pontianak, dipicu bentrok antarkelompok, dini hari tadi. Dua kelompok dari sekitar pasar yang baru diresmikan belum lama, itu terlibat saling serang menggunakan senjata tajam.

Akibat bentrokan itu, empat orang dikabarkan dilarikan ke rumah sakit terdekat di kota itu. Namun tiga korban, pagi tadi, sudah diperbolehkan pulang, sementara seorang lainnya masih harus mendapatkan perawatan intensif.

Dari keterangan dihimpun di lapangan, bentrok antarkelompok tersebut dipicu perebutan lahan parkir di Pasar Teratai. Versi lain menyebutkan, pertikaian itu dendam lama salah satu kelompok yang tidak kebagian dalam pengamanan pasar.

Kasat Reskrim Poltabes Pontianak, Kompol Puji Prayitno, Sik, kepada wartawan mengatakan, dua kelompok bertikai merupakan kelompok Gang Bunga dan Gang Teratai. Dua kelompok ini terlibat perebutan lahan parkir di Pasar Teratai.

“Satu korban berasal dari kelompok Gang Bunga dirawat di Soedarso, dua korban lain dari kelompok Gang Teratai dirawat di Dokkes. Pelaku sudah diidentifikasi, dan akan dipanggil untuk menjalani proses lebih lanjut. Rata-rata korban terkena benda tumpul dan senjata tajam,” ungkap Puji.

Puji menuturkan, dari pemeriksaan sementara, awal bentrokan dipicu saling ejek saat beberapa pemuda Gang Teratai melintas di tempat nongkrong kelompok Gang Bunga.

“Peristiwa penyerangan terjadi pukul 23.30 WIB tadi malam. Pertikaian ini sudah lama terjadi sebelum pasar berdiri,” kata Puji yang menyebut jumlah massa masing-masing dua kelompok itu mencapai 40-an orang.

Hingga pukul 12.00 WIB tadi, aktivitas di pasar tersebut berjalan normal. Namun sejumlah pemilik toko perhiasan memilih menutup toko mereka khawatir terjadi bentrok susulan.

Aparat dari Polda, Brimob, Sabhara Poltabes, dan personel Polsek Pontianak Barat bersenjata lengkap terlihat berjaga-jaga di sekitar kawasan pasar. Sejumlah personel Brimob dengan berjalan kaki menyisir sejumlah gang membubarkan kelompok massa yang masih berkumpul.