Kunjungan Menkes RI di Sintang

Penting, Pembangunan Kesehatan dan Pendidikan

Kesehatan dan pendidikan merupakan dua elemen penting pembangunan sumber daya manusia.

“Pembangunan ekonomi itu penting, tetapi tanpa dua elemen ini pembangunan ekonomi tidak akan berarti,” kata Menteri Kesehatan RI, dr Endang Rahayu Sedyaningsih saat mengunjungi Kabupaten Sintang, Kalbar, Rabu (15/2) siang.

Dalam kunjungan itu, Endang didampingi Direktur Kesehatan TNI AD, dr Dedi Achdiat, SpB dan Kakesdam, CKM Juliek Kunwidjayanto, SpB. Rombongan menteri disambut Bupati Sintang, Milton Crosby dan jajaran Muspida Sintang di Bandara Susilo, Sintang dengan adat Melayu.

Menurut Endang, pembangunan ekonomi sangat penting ditunjang dengan pembangunan SDM dengan dua elemen dasar di dalamnya: Kesehatan dan pendidikan.

Dia juga menilai, Kabupaten Sintang merupakan kabupaten yang sangat serius dalam menangani kesehatan. “Tentu saja kesehatan tidak hanya di rumah sakit, tetapi mulai dari hulu, kecamatan, dan kabupaten,” katanya.

Dalam kunjungan itu, Endang bersama rombongan mengunjungi beberapa rumah sakit yang ada di kabupaten itu. Mulai dari rumah sakit mobile, rumah sakit rujukan yang masih dalam tahap pembangunan hingga RSUD M Djoen.

Usai mengunjungi rumah sakit, Menkes dan rombongan langsung menuju kediaman Bupati Sintang untuk makan siang bersama dengan Danrem, Forkompinda, DPRD, dan pimpinan SKPD Pemerintah Kabupaten Sintang.
 

Reporter: zakaria