Panggi-Ruguk Cup, Turnamen Buat Pahlawan

Turnamen Panggi-Ruguk

Masyarakat Desa Panggi Agung, Sintang, punya cara unik mengenang jasa pahlawan.

Warga bagian dari Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, itu menggelar turnamen sepak bola setiap tahun, khusus mengenang jasa Panggi dan Ruguk, dua pahlawan dari desa itu. Turnamen itu diberi nama Panggi Ruguk Cup.

Turnamen kali kedua itu diikuti 33 klub sepak bola dari empat kecamatan sekitar. Pembukaan dilakukan langsung oleh Bupati Sintang, Milton Crosby, Selasa (3/4) kemarin.

Ketua panitia, Yulianto mengatakan, Turnamen Panggi-Rugukk Cup adalah sebuah turnamen yang diselenggarakan untuk mengenang dan mengingat kembali sosok kepahlawanan Panggi dan Rugukk dalam melawan penjajahan Belanda. “Mereka telah mengorbankan waktu, harta, bahkan jiwa raganya ketika melawan Belanda, 104 tahun lalu,” katanya.

Dia berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya putus sampai di sini, tetapi menjadi agenda tetap dan berkesinambungan. Karena menurutnya, selain memupuk rasa nasionalisme juga sportivitas bagi generasi muda.

Hal sama disampaikan Kades Panggi Agung, Hikman Elia. Menurutnya, turnamen ini baik untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang dulu. “Saya mewakili masyarakat desa mengucapkan terima kasih dan rasa senang atas kunjungan bupati. Dia berharap bupati bisa melihat langsung kondisi mereka.  

Bupati Sintang, Milton Crosby dalam sambutannya, berharap peserta menjunjung tinggi sportivitas. Selain mencari bibit baru atlet sepak bola, turnamen ini menurutnya, dapat mempererat tali silaturahmi.

“Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari kegiatan seperti ini, menyalurkan hobi dan bakat, mencari bibit baru, menjadi hiburan, dan mempererat tali silaturahmi,” katanya.