PLN Permudah Pelayanan Pasang Baru

Perusahaan Listrik Negara Cabang Singkawang tak memasang syarat apa pun pemasangan jaringan listrik baru. Perusahaan hanya perlu melakukan survei data pelanggan baru.

Manager PLN Cabang Singkawang, Ahmad Ismail, mengatakan, PLN berkomitmen memberikan kemudahan pemasangan baru yang menjadi terobosan Direktur Utama PLN.

“Pelanggan hanya perlu membayar uang pasang baru. Itu saja syaratnya. Pengamanan instalasi menjadi tanggung jawab konsumen itu sendiri,” kata Ismail.

Setelah ada keputusan dari Direktur Utama PLN, Ismail memastikan syarat-syarat pelanggan baru yang selama ini dianggap berbelit-belit dipangkas habis guna memberikan rasa mudah bagi pelanggan baru PLN

"Sekarang tidak ada lagi jaminan pelanggan dan syarat lain. Kami hanya pinta SLO (Sertifikat Layak Operasi) setiap pemasangan baru," jelas Ismail.

Sementara Ketua Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil) area Singkawang, Hardi Isa menjelaskan sesuai keputusan itu, instalatur tidak lagi dibebankan biaya jaminan dari pelanggan.

SLO sendiri nantinya dikeluarkan Konsuil. Jika Konsuil tidak mengeluarkan SLO, PLN tidak akan mengalirkan listrik di rumah pelanggan yang mengajukan.

"Kewenangan kita memberikan sertifikat kelayakan untuk pelanggan baru," ujarnya.

Hadi mengakui PLN menunggu SLO yang dikeluarkan Konsuil untuk pelanggan, karenanya peranan Konsuil menjadi sentral agar rumah pelanggan segera bisa teraliri listrik tanpa menunggu lama.

Sedangkan untuk pemasangan baru listrik yang melibatkan instalatur, Konsuil hanya mengakui Akli sebagai asosiasi pengusaha listrik yang bermitra langsung dengan PLN. Sementara asosiasi lain, pihaknya akan membicarakan ulang ke Konsuil pusat guna mencari titik temu.