Gelar Olimpiade Olahraga dan Seni

devile peserta olahraga dan seni se-Singkawang

Dinas Pendidikan Kota Singkawang menggelar Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni dan Sastra 2012. Kegiatan tingkat Siswa SD, SMP dan SLB se-Kota Singkawang ini dihelat di Stadion Kridasana, Rabu (14/3).

Olimpiade ini mengusung sembilan cabang olahraga dan tujuh cabang seni/sastra untuk tingkat SD. Sedangkan di tingkat SMP, ada enam cabang olahraga dan sembilan cabang seni/sastra yang dipertandingkan.

Khusus olimpiade tingkat Sekolah Luar Biasa mempertandingkan delapan cabang olahraga dan tujuh cabang seni/sastra.

Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain atletik, pencak silat, karate, tenis meja, bulu tangkis, tenis lapangan, bola voli mini, sepak bola, catur, dan futsal. Sedangkan untuk cabang seni/sastra antara lain tari tradisional, cipta lagu, cipta puisi, seni lukis, vocal grup, solo, membaca alquran, cerpen, dan dongeng.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang, Ahyadi, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat sekolah/gugus, tingkat kota, provinsi, dan tingkat nasional. “Ini bertujuan mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang olahraga dan seni,” katanya di Singkawang, Rabu (14/3).

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan potensi kreativitas, bakat, dan minat siswa di bidang seni dan olah raga.

“Kegiatan ini berdampak positif bagi perkembangan sosial budaya agar dapat terhindar dari pengaruh negatif seperti kenakalan remaja, narkoba, minuman keras, dan sebagainya,” kata Arman.

Ke depan, Arman berharap olimpiade olahraga dan seni di Kota Singkawang harus mampu mengembangkan eksistensi peserta didik. “Muaranya agar kita memiliki perspektif global yang dapat mengangkat keunggulan lokal, berbudi pekerti luhur dan moral yang baik dalam kehidupan,” katanya. (Istri Handayani/MC)