Juliarti Prioritas Bangun SDM Sambas

Bupati Kabupaten Sambas terpilih, Hj Juliarti dan wakilnya, Pabali Musa memprioritaskan pembangunan bidang sumber daya manusia (SDM). Sumber daya manusia yang terampil, berpendidikan, dan inovatif diyakini membawa kemajuan bagi kabupaten tersebut.

“Kuncinya satu, bila SDM kita sudah siap kami yakin bersama-sama kita bisa membangun Sambas,” kata Juliarti usai dilantik menjadi Bupati Kabupaten Sambas periode 2011-2016.

Juliarti menyatakan yakin, peningkatan SDM merupakan kunci dasar dalam peningkatan pembangunan mikro maupun makro. Karenanya menjadi landasan anak tokoh Sambas ini menguatkan SDM dalam kepemimpinannya lima tahun mendatang.

Salah satu bentuk peningkatan SDM itu ialah sektor pendidikan. Saat ini tingkat kelulusan di Sambas tergolong sedang. Dia bersama wakilnya akan meramu tingkat kelulusan menjadi tinggi.

Untuk tingkat kelulusan sendiri SD 45 persen, SMP 65 Persen, dan SMA 95 persen. Karenanya dia berkeinginan kuat meningkatkan sektor pendidikan yang merupakan kunci dasar dalam peningkatan SDM di Sambas.

Ke depan, mantan Kepala Dinas Kesehatan Sambas ini mengharapkan tidak ada lagi usia putus sekolah di Sambas. “Saya tidak berani berikan target, ya paling tidak kita ada usaha untuk melakukan perbaikan tersebut,” jelas ibu dua anak ini.

Menurutnya, pendidikan merupakan kunci utama menciptakan SDM unggul yang dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Sambas.

Juliarti sendiri ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas dengan Keputusan KPU Kabupaten Sambas Nomor 26 Tahun 2011 tanggal 29 Maret 2011. Pada pemilihan lalu, Juliarti dan Pabali Musa meraih total suara 85.782 dengan persentase 34,9852 persen.