100 Desa di Sambas Gelar Pilkades

Kepala BPMPD Sambas, Effendi

Sebanyak 18 kecamatan minus Sajingan Besar, Sambas, menggelar Pilkades.

Dari 18 kecamatan tersebut sedikitnya 100 desa menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades). Hanya Kecamatan Sajingan Besar yang tahun ini tidak menggelar pemilihan.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Desa (Pemdes), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan (BPMPD) Kabupaten Sambas, Effendi menjelaskan, Kecamatan Tebas merupakan kecamatan yang hampir semua desanya menggelar Pilkades. Dari 23 desa yang ada, 18 desa yang akan dan telah menggelar Pilkades.

Dari 100 desa itu, lanjut Effendi, enam desa sudah menggelar Pilkades. Masing-masing Desa Sejiram, Kecamatan Tebas, Desa Semelagi Besar Kecamatan Selakau, Desa Harapan Kecamatan Pemangkat, Desa Penakalan Kecamatan Sejangkung, Desa Mentibar Kecamatan Paloh, dan Desa Matang Sigantar, Kecamatan Teluk Keramat.

“Sementara desa yang lainnya masih dalam beberapa tahapan, mulai dari tahapan pencalonan hingga tahapan uji kompetensi yang dilakukan oleh BPMPD. Sejumlah desa lainnya bahkan sudah ada yang melaksanakan kampanye. Tahun 2012 ini masa jabatan kepala desa di 100 desa itu akan berakhir, sehingga akan kembali menggelar Pilkades,” papar Effendi.

Dia mengimbau, desa yang menyelenggarakan Pilkades dapat mengedepankan kedamaian, “Kita harapkan proses pemilihan kepala desa di 100 desa itu berjalan aman dan damai, dapat mendukung siapa pun yang terpilih nantinya menjadi kepala desa,” harap Effendi.

Reporter: Gin