Muda: Tanamlah Pohon, Warisan Bernilai Tinggi

Hatta Rajasa Tanam Pohon

Manfaat penanaman pohon saat ini bisa dirasakan anak-cucu, 20 tahun mendatang.

“Memang manfaatnya tidak bisa dirasakan sekarang, tetapi nanti 20 tahun mendatang. Karena itu tanamlah pohon untuk anak cucu kita sebagai warisan bernilai tinggi bagi mereka pada saatnya,” kata Bupati Kabupaten Kubu Raya, Muda Mahendrawan, usai penanaman pohon bersama Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, Menhut Zulkifli Hasan, di Kubu Raya, Kamis (17/5).

Muda mengatakan, pemanasan global sudah sangat dirasakan. Jadi, lanjutnya, tidak ada jalan lain, sebagai orang tua dan pemerintah harus mulai berbuat saat ini. “Lakukan gerakan penanaman pohon baik itu di lingkungan pekarangan masing-masing, maupun di lokasi-lokasi yang dianggap tandus,” ajaknya.

Dia menilai, kondisi hutan di Kubu Raya cukup kritis, karena jumlahnya sudah semakin berkurang setiap waktu. Karena itu dia mengimbau masyarakat mempertahankan hutan yang ada, yang dapat digunakan sebagai penyanggah.

Terpenting, lanjutnya, lahan yang kosong minimal menjadi peluang bagi tanaman pohon, baik yang berbuah maupun yang tidak berbuah. “Saya mengajak semua lapisan untuk melindungi bersama-sama kehidupan masyarakat dan kehidupan yang akan datang,” ajaknya kembali.

Sementara, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, mengatakan, gerakan penanaman pohon merupakan gerakan moral seluruh masyarakat untuk melakukan perbaikan lingkungan. Dia melihat, generasi muda dapat melakukan berbagai peran pelaksanaan kegiatan atau tindakan pengurangan dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

“Jika setiap anak di dunia dapat menanam dan merawat minimal satu pohon setiap tahunnya, jutaan pohon akan tumbuh dan jutaan ton CO2 di atmosfer akan terserap kembali ke daratan kita. Oleh sebab itu, saya mengajak generasi muda, khususnya yang hadir di sini, untuk melanjutkan dan bahkan meningkatkan dukungan mempertahankan program penyerapan karbon dengan usaha gerakan penanaman pohon,” ajak legislator Partai Amanat Nasional ini.