e-KTP Kubu Raya Selesai 80 Persen

Tetap Berlanjut dan Gratis
Ilustrasi e-KTP

Pemerintah Kubu Raya hanya mampu merealisasikan 80 persen rekaman e-KTP.

Persentase itu dihitung hingga akhir April saat target penyelesaian e-KTP di semua kabupaten/kota di Kalbar berakhir. Sisa 20 persen warga yang belum terekam akan tetap dilayani hingga selesai seluruhnya.

“Masyarakat yang belum terekam, umumnya di kecamatan yang penduduknya banyak seperti di Kecamatan Sungai Raya, Sungai Ambawang, dan Sungai Kakap. Di kecamatan yang penduduknya sedikit seperti di Terentang, banyak yang sudah terekam,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kubu Raya, Lilik Kurniasih.

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada e-KTP yang jadi, namun untuk pengambilan harus menggunakan prosedur yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Nantinya dari pusat akan memberikan pelatihan untuk penyerahan e-KTP tersebut.

“Bagi masyarakat yang e-KTP-nya sudah jadi, harus mengulangi lagi perekaman untuk mendapatkan e-KTP bersangkutan, sehingga akan disesuaikan dengan e-KTP yang sudah jadi tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, perekaman e-KTP direncanakan selesai para April 2012 kemarin. Namun, menurutnya, pihaknya akan meneruskan program tersebut secara regular dan masih tetap tanpa dipungut bayaran menggunakan APBD tahun anggaran baru.