Akhir Tahun, Penerbangan di Supadio Meningkat

Aktivitas penerbangan di Bandara Supadio menjelang pergantian tahun terus meningkat. Peningkatan hingga 50 persen terjadi sejak H-7 Natal 2011.

"Kenaikan angka penumpang terbesar terjadi pada saat H-1 Natal atau hari Sabtu kemarin, di mana penumpang mencapai 3.750 orang atau sekitar 45 persen dari hari biasa yang hanya sekitar 2.500 orang," jelas Kepala Divisi Operasional PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani, kepada wartawan, siang tadi.

Dia memprediksi kenaikan tersebut terus meningkat mendekati tahun baru nanti. Karena selain banyak masyarakat yang mudik, juga banyak masyarakat yang berangkat ke luar kota untuk berlibur.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang tersebut, semua maskapai penerbangan yang ada di Bandara Supadio penuh penumpang. Bahkan, Batavia sudah mengajukan ekstra flight mulai 30 Desember hingga tanggal 4 Januari 2012 mendatang.      

Dia memerinci, penerbangan Garuda dalam satu hari sebanyak lima penerbangan, rata-rata pada hari biasa 90 shift sementara sekarang full menjadi 110 shift. "Batavia dengan jumlah sembilan penerbangan, juga penuh. Sriwijaya lima penerbangan, dengan jumlah penumpang 150 shift sekali terbang dan Lion enam penerbangan, dengan 180 shift serta Kalstar dengan satu penerbangan dan jumlah shift full 140 penumpang," paparnya.