Sutarmidji Ajak Perusahaan Peduli Bedah Rumah

PT. Diamond Indosatria Bantu Perbaikan RTH
Walikota Pontianak, H Sutarmidji, SH, MHum

Perbaikan rumah tak layak huni terus digulirkan, mengajak keterlibatan swasta.

Seperti dilakukan PT Diamond Indosatria, memberikan bantuan perbaikan rumah tak layak huni (RTH) kepada 10 warga tidak mampu di Kota Pontianak. Bantuan dari program corporate social responsibility (CSR), itu masing-masing Rp 7,5 juta, diserahkan kepada Pemerintah Kota Pontianak.

“Ini bentuk nyata dari kepedulian perusahaan atau pengusaha yang ada di Kota Pontianak,” kata Walikota Pontianak, Sutarmidji, di ruang kerjanya, Selasa (12/6).

Dia mengajak pengusaha maupun perusahaan yang ada di Kota Pontianak untuk berpartisipasi dalam membantu program pemerintah, khususnya program perbaikan RTH. Bantuan itu, menurutnya, bisa mengurangi kemiskinan dan menciptakan iklim usaha yang kondusif.

“Kalau kemiskinan berkurang dan pendapatan masyarakat sudah cukup baik, maka akan berpengaruh pada iklim usaha yang kondusif dan pertumbuhan usahanya semakin meningkat. Saya berharap ini diikuti perusahaan-perusahaan lain,” pintanya.

Pemerintah kota itu mematok target perbaikan RTH sekitar 1.000 rumah setiap tahun. Selain CSR, sumber dana perbaikan RTH juga berasal dari bantuan Kementerian Perumahan Rakyat yang dilaksanakan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Pemerintah kota sebatas mengawasi pelaksanaannya dan menganggarkan dana untuk perbaikan RTH dalam APBD sebesar Rp 2 miliaran setiap tahunnya. “Tahun depan mungkin akan kita tingkatkan karena saya maunya ada peningkatan,” katanya.