Semua Jalan Gang di Kota Pontianak Membaik

Permohonan Bantuan Material Semen Menurun
bantuan material gang

Dibanding tahun lalu, tahun 2012 hanya 301 gang mengajukan usulan bantuan material semen.

Dari jumlah itu, sekitar 30 persen saja mengusulkan pembangunan baru, sementara sisanya peningkatan kualitas jalan lingkungan. “Artinya, hampir semua gang di Kota Pontianak boleh dikatakan lumayan baik. Tahun depan kita akan buat program gotong royong massal, mungkin bisa kita ambil 200 gang. Material, semen, batu, dan pasir kita siapkan, kemudian masyarakat bekerja gotong royong dalam waktu serentak,” kata Walikota Pontianak, Sutarmidji usai menyerahkan secara simbolis bantuan material semen kepada RT se-Kota Pontianak, di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Walikota, Jumat (20/7).

Saat ini, camat dan lurah diminta untuk mengumpulkan data nama-nama gang untuk diverifikasi dalam program yang akan dilaksanakan tahun depan. Program perbaikan jalan lingkungan ini diharapkan selesai pada 2013.

Bantuan material semen yang diberikan bagi gang-gang disesuaikan dengan banyaknya material semen yang dibutuhkan. Namun bantuan material semen ini akan diberikan bagi gang-gang yang sudah siap untuk melakukan pekerjaan perbaikan.

“Kalau misalnya perlu 500 sak semen, kita berikan 500 sak. Sekarang tidak boleh lagi diberikan separuh-separuh karena dikuatirkan pengerjaannya tidak tuntas,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Perumahan Kota Pontianak, Ismail, mengungkapkan bantuan material semen yang diberikan tahun ini sebanyak 36.231 sak semen. Perbaikan jalan gang tahun ini ditargetkan sebanyak 251 gang dan akan segera dituntaskan.

“Bapak Walikota minta jangan memikirkan jumlahnya. Jika memang gang itu butuh 300 sak, kita bantu 300 sak sampai tuntas selama masyarakatnya siap material lainnya dan tenaga untuk mengerjakan itu,” tuturnya.