Akhir April, Buat e-KTP Harus Bayar

KTP Elektronik

Pemerintah membatasi masa pembuatan KTP elektronik hingga akhir April.

Setelah April, pemerintah akan mengenakan biaya administrasi kepada warga Kota Pontianak yang belum mengurusi KTP elektronik. Biaya yang dikenakan lumayan mahal dibanding tarif KTP biasa.

“Biaya administrasi lumayan mahal. Makanya kita terus mendorong agar masyarakat mengurus pembuatan KTP elektronik sebelum April berakhir,” kata Walikota Pontianak usai memberikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban, belum lama ini.  

Sutarmidji mengimbau warga Kota Pontianak secepatnya mengurus pembuatan e-KTP sebelum batas waktu hingga akhir April berakhir. “Jadi, tidak dikenakan biaya administrasi. Paling lima menit sudah beres dan sekarang sudah tidak lagi antre,” kata Sutarmidji.

Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, mencatat hingga Maret sekitar 80,36 persen atau 317 ribu jiwa penduduk kota itu terdaftar dalam program e-KTP. Program itu dimulai sejak September 2011 dengan kuota sebanyak 374.935 jiwa.

Sutarmidji berharap, hingga akhir April mendatang, pemerintah bisa melayani sekitar 90 persen warga terdaftar dalam e-KTP.  

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Thomas, mengatakan, pemerintah akan membagikan e-KTP yang sudah dicetak serentak pada Mei 2012. "Saat ini sekitar 599 e-KTP milik warga Kota Pontianak sudah selesai dicetak oleh pemerintah pusat," jelasnya.

Reporter: SYM